logo blog

Cara Mengatasi Googlebot can't access your site

Cara Mengatasi Googlebot can't access your site

Alhamdulillah kerjaan saya sudah beres semua dan saya bisa lanjut blogging lagi jadi kalau bahasa saya agak ambrul adul harap di maklumi karena sudah lama tidak terjun di dunia pengerikan. Selama saya tidak membuka email khusus blog saya dan saya mendapatkan email dari Webmaster Tools yang membuat saya sedikit panik akan kelangsungan hidup domain saya di mata google. Webmaster Tools mengirimkan tulisan dari email yang berisi

http://www.blogcandra.com/: Googlebot can't access your site

Over the last 24 hours, Googlebot encountered 25 errors while attempting to retrieve DNS information for your site. The overall error rate for DNS queries for your site is 52.1%.
You can see more details about these errors in Webmaster Tools.

Recommended action
If the site error rate is 100%:
  • Use a WHOIS tool to verify that http://www.blogcandra.com/ has a proper whois record and that nameservers are configured for the site. If not, contact your domain registrar to update your whois records.
  • Using a DNS lookup tool, verify that the nameserver's name can be resolved to an IP address. If not, either update your whois record to contain an IP address for your nameserver, or update the DNS records for nameserver.
  • Using a DNS lookup tool, verify that http://www.blogcandra.com/ can be resolved to an IP address. If it can't, update the DNS record for http://www.blogcandra.com/ on your nameserver.
If the site error rate is less than 100%:
  • The most likely explanation is that your nameserver is overloaded. Contact your hosting provider and discuss the configuration of your DNS server and the possibility of allocating more resources to your DNS service.
  • If your site redirects to another hostname, another possible explanation is that a URL on your site is redirecting to a hostname that has a DNS problem. Consider checking the links to which your site redirects and make sure that the sites in your redirect links don't have any DNS issues.
After you think you've fixed the problem, use Fetch as Google to verify that Googlebot can properly access your site.
Learn more in our Help Center.

Email di atas merupakan email yang membuat setiap blogger panik pastinya , tetapi rasa panik saya menjadi hilang karena mendapatkan 2 jawaban yang menurut saya sangat berguna yaitu dari +Indri Lidiawati dan dari Admin di mana saya membeli domain tersebut.

Apa Jawaban dari mereka ?

Tips dari mbak +Indri Lidiawati cukup simple yaitu kita masuk ke Websmaster Tools setelah itu pilih website/blog yang ingin anda perbaiki pilih menu Crawl dan pilih fetch as google setelah itu klik Fetch ( langsung klik fetch jangan isi form kosong )  itu tips dari mbak Indri maka hasilnya seperti ini :



Sedangkan dari Adminya saya mendapatkan jawaban " untuk dns kami cek tidak masalah pak. karena apabila dns nya error domain pasti tidak bisa diakses. kemungkinan masih menyimpan cache dari domain saat blm di setting itu pak. biasanya beberapa hari akan normal kembali karena update masing-masing webmaster berbeda-beda "


Saya simpulkan Jawaban dari Kedua sumber masuk akal dan sekarang blog saya sudah mengalami perbaikan DNS sehingga saya sudah tidak cemas lagi. Jadi buat anda yang masih terserang Googlebot can't access your site segera hubungi admin dimana anda membeli domain tersebut. Sekian cerita singkat dari saya mungkin tips ini berguna bagi blog anda.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

17 comments

wah profil saya narsis di blog keren hmmm makasih apresiasinya mas Candra :D

kemarin saya cek domainnya bisa diakses dgn baik, jadi menurut saya gak perlu hubungi pihak server tapi cukup difetching aja di websmaster tools, lalu kli8k submit to index, beres deh :)

Balas

Ia mbak makasi sekali tips dari mbak :) soalnya sempat kaget dan ternyata jawaban dari mbak dan admin cukup membayar kepanikan saya :)

Balas

terimakasih informasinya gan.

Balas

makasih tutornya, saya punya web blogspot lama dah ga di akses, ternyata kena google bot juga..barusan nyari tutor ketemu disini....hehe,.makasih yaa...

Balas

mas, saya coba di fetch tp kok gak complate ya... statusnya temporary gitu...... pencerahannya donk

Balas

trims berat gan. sempat panik juga permasalahan yang sama ahkirnya dapa tutornya setelah mondar mandir di omgoogle.

Balas

Thanks gan atas tipsnya. Lagi ngalami seperti masalah ini dengab blog saya bacatips.com. Alhamdullillah baca ini lang sung beres.

Balas

terima kasih sobb tutorialnya :-)
tetapi apa benar, kalau untuk masalah Googlebot can't access your site tidak bigitu berpengaruh ya sobb pada blog, kecuali kalo kalau down nya itu setiap hari, itu bisa berpengaruh dengan traffic dan ranking blog ya sobb, soalnya setelah saya menghubungi penyedia hosting saya jawabannya seperti itu, apa benar bigitu sobb ?
terima kasih

Balas

Minta Tolong infonya dong mas Candra, sy punya masalah, blog saya timbul Deskripsi laman ini tidak tersedia karena robot txt pelajari lebih lanjut.
Nah deskripsi penelusuran yang tidak muncul ini hanya dilihat di handphone tapi klw lihat di komputer normal.
Minta bantuannya ya mas, sy sdh kotak katik ikuti tutor2 blum dpt hasil.
Hatur nuhun mas Candra.

Balas

Coba mas lihat di robot.txt mungkin ada beberapa kode yang salah

Balas

tentang robot txt mas. sya punya permasalaha ini, bagaimana robiot yang terbaik untuk blog, artinya bisa diaksed dengan mobile tanpa menimbulkan duplicate content? terima kasih atas jawabannya. :)

Balas

Saran saya lepas saja robot.txt pada situs anda mas :)

Balas

udah dicoba nih, work 100%, makasih banget gan :)

Balas

Error seperti ini gak bisa sembuh sendiri yah ?

Balas

Saya juga mengalami hal yang serupa mas, itu tool crawlnya cari dimana ya ?

Balas

Wahhh ternyata banyak yang mengalami DNS Error, saya juga gan,, sama penyedia yang sama,, sudah 3 bulan masih tanda seru DNS nya

Balas

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Blog Candra - Official Shared - All Rights Reserved Template